GRUP MUSIK KERAMIK ANAK JALANAN TAMPIL DI KEMENPORA

Tim Musik Keramik Anak Jalanan asuhan Teddy dan Tara selaku alumni program Pemuda Pelopor tahun 2012, hari Jumat (22/11) pagi tampil di halaman Kemenpora bersama peserta Senam Krida di lingkungan Kemenpora. Tim musik keramik hasil didikan Kemenpora tersebut direncanakan akan Festival Musik Keramik Nasional dalam waktu dekat.

Mereka memainkan  tiga lagu yakni, Rumah Kita, Garuda Di Dadaku dan Patriot. Spontan aksi mereka langsung mendapat sambutan dan tepuk tangan dari para peserta senam kridha Kemenpora. Termasuk disaksikan oleh Seskemenpora Yuli Mumpuni Widarso dan Asisten Deputi Imam Gunawan.

Yuli  menyatakan kagum terhadap keunikan alat musik yang terbuat dari keramik seperi tempayan, piring, mangkok, dan genteng yang  diciptakan oleh anggota pemusik selama mengikuti pelatihan di PP-PON sejak Jum'at (15/11) lalu. "Mereka menciptakan genteng untuk gitar,  mangkok untuk kenong, keramik yang dulu digunakan untuk burung merpati dimodifikasi menjadi alat tiup, tempayan pecah menjadi drum," kata Yuli.
Sementara Teddy menyampaikan bahwa bahan keramik mereka dapatkan di Kampung Jatiwangi, Majalengka. Anak-anak jalanan peserta pelatihan juga diajak untuk beberapa tinggal di Kampung Jatiwangi agar lebhi memahami dan mempunyai apresiasi terhadap keramik yang kemudian mencintai serta menghasilkan alat musik dr keramik. Gagasan penyelenggaraan Pelatihan sendiri  datang dari Yuni Poerwanti, Kepala PP-PON.

Program pelatihan ini akan berakhir minggu depan, dan selama program pelatihan, seluruh peserta yang berjumlah 60 anak jalanan tinggal di asrama Wisma Soegondo Djojosoegito, PP-PON Cibubur. Kemenpora mengharapkan tim ini dapat tampil dengan baik pd Festival Musik Keramik mendatang dan setelah mengikuti program pelatihan ini anak2 jalanan dapat terus berkreasi dan mandiri.


Sumber: Kemenpora.go.id
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Pendidikan